Pada post kali ini kita akan membuat sebuah aplikasi permainan yang berjudul Pong. Permainan ini memiliki model permainan seperti olahraga tenis atau pingpong namun dalam bentuk sederhana. Kita akan membuat permainan ini dengan menggunakan bahasa pemrograman java, khususnya menggunakan aplikasi BlueJ.
Untuk membuat permainan Pong, kita membutuhkan empat kelas, yaitu Pong, Ball, Paddle, dan Renderer. Fungsi dan implementasi dari masing-masing class akan dijelaskan lebih lanjut di bawah. Sebelum itu kita perlu membuat diagram dari kelas-kelas yang sudah dibentuk agar lebih memudahkan dalam mengimplementasikannya. Berikut diagram kelas dari permainan Pong yang akan kita buat :
1. Pong
Class ini merupakan class utama yang memanggil semua class lain permainan Pong dan mengatur jalannya aplikasi permainan Pong.
2. Ball
Class ini merupakan class yang mengatur bola Pong, mulai dari ukuran hingga arah dan kecepatan geraknya.
3. Paddle
4. Renderer
Class ini merupakan class yang mengatur grafis permainan Pong.
Output
Untuk menjalankan aplikasi permainan Pong, kita bisa mengeklik kanan Pong class, lalu memilih "void main(String[] args) sehingga akan muncul tampilan awal seperti gambar di bawah ini
Lalu untuk memulai permainan, kita bisa menekan tombol Space atau Shift pada keyboard
Lalu apabila salah satu pemain sudah mencapai skor maksimal, maka permainan akan berakhir
Komentar
Posting Komentar