Langsung ke konten utama

PENUGASAN 9 PEMROGRAMAN BERBASIS OBJEK KELAS B (Game Pong)

 Pada post kali ini kita akan membuat sebuah aplikasi permainan yang berjudul Pong. Permainan ini memiliki model permainan seperti olahraga tenis atau pingpong namun dalam bentuk sederhanaKita akan membuat permainan ini dengan menggunakan bahasa pemrograman java, khususnya menggunakan aplikasi BlueJ. 

Untuk membuat permainan Pong, kita membutuhkan empat kelas, yaitu Pong, Ball, Paddle, dan Renderer. Fungsi dan implementasi dari masing-masing class akan dijelaskan lebih lanjut di bawah. Sebelum itu kita perlu membuat diagram dari kelas-kelas yang sudah dibentuk agar lebih memudahkan dalam mengimplementasikannya. Berikut diagram kelas dari permainan Pong yang akan kita buat : 


Selanjutnya, kita akan membahas mengenai implementasi dari permainan Pong. Berikut adalah penjelasan dan source code dari masing-masing class : 

1. Pong

Class ini merupakan class utama yang memanggil semua class lain permainan Pong dan mengatur jalannya aplikasi permainan Pong.


2. Ball

Class ini merupakan class yang mengatur bola Pong, mulai dari ukuran hingga arah dan kecepatan geraknya.


3. Paddle

Class ini merupakan class yang mengatur bat Pong, mulai dari ukuran, bentuk, hingga cara menggerakkannya.

4. Renderer

Class ini merupakan class yang mengatur grafis permainan Pong.


Output

Untuk menjalankan aplikasi permainan Pong, kita bisa mengeklik kanan Pong class, lalu memilih "void main(String[] args) sehingga akan muncul tampilan awal seperti gambar di bawah ini


Lalu untuk memulai permainan, kita bisa menekan tombol Space atau Shift pada keyboard


Lalu apabila salah satu pemain sudah mencapai skor maksimal, maka permainan akan berakhir


Sekian penjelasan mengenai cara membuat aplikasi permainan Pong menggunakan java. Mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan pada post ini. Terima kasih sudah membaca:)

Komentar