Pada post kali ini kita akan membuat sebuah aplikasi Image Viewer. Fungsi aplikasi ini adalah untuk membuka sebuah gambar yang nantinya bisa dilakukan editing. Kita akan membuat aplikasi ini dengan menggunakan bahasa pemrograman java, khususnya menggunakan aplikasi BlueJ.
Untuk membuat aplikasi Image Viewer dibutuhkan empat class, yaitu ImageViewer, ImagePanel, OGImage, dan ImageFileManager. Fungsi dan implementasi dari masing-masing class akan dijelaskan lebih lanjut di bawah. Sebelum itu kita perlu membuat diagram dari kelas-kelas yang sudah dibentuk agar lebih memudahkan dalam mengimplementasikannya. Berikut diagram kelas dari aplikasi Image Viewer yang akan kita buat :
1. ImageViewer
Class ini merupakan class utama didalam aplikasi ini. Class ini mengatur jalannya aplikasi Image Viewer secara keseluruhan. Ada beberapa fungsi yang disematkan didalam class ini diantaranya adalah tampilan awal dari aplikasi.
2. ImagePanel
Class yang berfungsi untuk mengeset sebuah foto agar sesuai dengan width dan height dari foto utama.
3. ImageFileManager
Class ini berisi method yang berfungsi untuk Load image dan save image untuk diproses lebih lanjut.
4. OFImage
Class ini berfungsi untuk mengedit foto atau gambar yang dipilih.
Output
Untuk menjalankan aplikasi Image Viewer, kita bisa mengeklik kanan pada class ImageViewer dan klik new ImageViewer()
Komentar
Posting Komentar